Renovasik - Urusan Renovasi Jadi Asik

7 Solusi Mempertemukan Perbedaan Ide Desain Rumah dengan Pasangan

Membangun rumah impian bersama pasangan adalah dambaan banyak orang. Namun, proses mewujudkan impian ini terkadang menemui jalan terjal, salah satunya adalah perbedaan ide desain rumah.

Sahabat RenovAsik mungkin pernah mengalami situasi ini. Anda mendambakan gaya minimalis yang simpel dan fungsional, sementara pasangan Anda justru menginginkan gaya klasik yang mewah dan elegan. Perbedaan ini bisa menimbulkan perdebatan dan membuat proses perencanaan menjadi alot.

Tenang, Sahabat RenovAsik! RenovAsik hadir dengan 7 solusi jitu untuk mempertemukan perbedaan ide desain rumah dengan pasangan. Dengan komunikasi yang baik dan sedikit kreativitas, Anda dan pasangan bisa mewujudkan rumah impian yang sesuai dengan keinginan bersama.

1. Brainstorming Bersama

Langkah pertama adalah melakukan brainstorming bersama pasangan.  Sediakan waktu khusus untuk berdiskusi terbuka mengenai keinginan dan preferensi masing-masing.

RenovAsik sarankan untuk mengumpulkan inspirasi bersama. Buatlah papan mood (mood board) digital atau manual yang berisi gambar referensi gaya desain, warna, dan furnitur yang disukai. Selain itu, diskusikan juga mengenai kebutuhan fungsional, seperti jumlah kamar tidur, ruang kerja, dan area penyimpanan.

Melalui brainstorming ini, Anda dan pasangan bisa saling memahami alasan di balik setiap pilihan desain.  Ini akan menjadi dasar untuk menemukan titik temu nantinya.

2. Identifikasi Kesamaan

Setelah berdiskusi mengenai perbedaan, yuk cari persamaan!  Fokuslah pada elemen desain yang disukai bersama.  Mungkin Anda dan pasangan sama-sama menyukai warna earth tone yang hangat, atau sama-sama menginginkan ruangan keluarga yang nyaman untuk berkumpul.

Identifikasi kesamaan ini akan menjadi benang merah yang dapat menyatukan konsep desain yang berbeda.  Misalnya, jika Anda menyukai gaya minimalis dan pasangan menyukai gaya klasik, carilah titik temu pada penggunaan material kayu atau warna-warna netral.

3. Kompromi yang Sehat

Kompromi adalah kunci penting dalam menyatukan ide desain yang berbeda.  Tidak harus selalu mengalah, namun cobalah untuk menemukan jalan tengah yang membuat kedua pihak merasa nyaman.

Misalnya, jika Anda menginginkan dapur minimalis dan pasangan menginginkan dapur klasik,  Anda bisa menyepakati desain kabinet dapur klasik dengan penggunaan handle minimalis dan countertop bersih.  Kompromi ini akan membuat kedua pihak merasa aspirasinya didengar.

4. Konsultasi dengan Desainer Interior

Konsultasi dengan desainer interior profesional  dapat menjadi solusi yang tepat, terutama jika Anda dan pasangan kesulitan menemukan titik temu.  Desainer interior berpengalaman dapat membantu menerjemahkan keinginan Anda dan pasangan menjadi desain yang fungsional dan estetis.

Desainer interior juga dapat memberikan solusi kreatif dan inovatif untuk menyatukan konsep desain yang berbeda.  Mereka  dapat membuat rancangan awal (draft) yang bisa didiskusikan bersama Anda dan pasangan.

5. Manfaatkan Teknologi

Teknologi dapat dimanfaatkan untuk memvisualisasikan ide desain.  Saat ini tersedia berbagai aplikasi desain interior yang mudah digunakan,  sehingga Anda dan pasangan bisa bereksperimen dengan berbagai gaya dan warna.

Selain itu,  banyak situs web yang menawarkan inspirasi desain rumah dan simulasi 3D.  Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda dan pasangan bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai hasil akhir desain yang diinginkan.

6. Prioritas Kebutuhan Fungsional

Selain estetika, jangan lupa untuk memprioritaskan kebutuhan fungsional.  Diskusikan bersama pasangan mengenai aktivitas sehari-hari yang akan dilakukan di dalam rumah.

Hal ini akan membantu menentukan layout ruangan, pemilihan furnitur, dan elemen desain lainnya.  Dengan memperhatikan kebutuhan fungsional,  Anda dan pasangan bisa menciptakan rumah yang nyaman dan sesuai dengan gaya hidup.

7. Tetapkan Budget

Budget adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan.  Sebelum memulai merenovasi atau membangun rumah,  tetapkanlah budget yang realistis bersama pasangan.

Hal ini akan membantu Anda dan pasangan  membuat keputusan yang tepat dalam pemilihan material, furnitur, dan jasa kontraktor.  Dengan budget yang jelas, Anda dan pasangan bisa menghindari permasalahan keuangan di kemudian hari.

Mempertemukan perbedaan ide desain rumah dengan pasangan bukanlah hal yang mustahil.  Dengan komunikasi yang baik, kreativitas, dan sedikit kompromi, Anda dan pasangan bisa mewujudkan rumah impian yang  mencerminkan karakter dan selera bersama.

RenovAsik sebagai penyedia layanan Bangun & Renovasi Rumah  hadir untuk membantu Anda mewujudkan  impian tersebut.  Tim desainer profesional kami  dapat membantu Anda menerjemahkan ide desain menjadi kenyataan.  Hubungi RenovAsik sekarang untuk konsultasi gratis!


 

About

RenovAsik.com merupakan brand yang berdiri dibawah naungan dari PT Renovasi Indonesia Satu (RI 1) pada bulan mei 2018. Kami hadir dari permasalahan yang dialami oleh banyak masyarakat saat ingin melakukan renovasi rumah/bangunannya.