Renovasik - Urusan Renovasi Jadi Asik

5 Solusi Mengatasi Ubin Keramik Yang Retak Tanpa Dibongkar Tukang!

Pernahkah Sahabat RenovAsik melihat ubin keramik kesayangan di rumah mengalami keretakan? Momen ini tentu tak menyenangkan.  Selain mengurangi keindahan visual, keramik retak juga bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur.  Namun, tenang! RenovAsik punya solusinya! Artikel ini akan membahas 5 cara mengatasi ubin keramik yang retak tanpa perlu dibongkar tukang. 

Sebelum membahas solusinya, penting untuk memahami penyebab keretakan.  Umumnya, keretakan terjadi karena beberapa hal: 

Proses pemasangan yang kurang tepat: Perekat keramik yang tidak kuat atau permukaan lantai yang tidak rata dapat menyebabkan tekanan tidak merata pada keramik, membuatnya rentan retak. 

Material keramik berkualitas rendah: Keramik kualitas rendah lebih mudah retak dibandingkan keramik dengan komposisi material yang baik. 

Perpindahan tanah: Pergerakan tanah di bawah keramik, meski sedikit, dapat menimbulkan tekanan dan berujung pada keretakan. 

Benda berat yang jatuh: Benturan benda berat secara langsung pada keramik dapat menyebabkan keretakan, apalagi jika keramik tersebut sudah memiliki potensial retak. 

Membongkar keramik retak tentu merepotkan dan memakan biaya.  Namun, Sahabat RenovAsik tak perlu khawatir.  Berikut ini adalah 5 solusi untuk mengatasi ubin keramik retak tanpa perlu dibongkar tukang: 

Resin Injeksi 

Teknik ini cocok untuk mengatasi keretakan halus pada keramik.  Sahabat RenovAsik dapat membeli resin injeksi khusus keramik di toko bahan bangunan.  Caranya, bersihkan area retakan dari debu dan kotoran.  Suntikkan resin menggunakan alat khusus mengikuti garis retakan.  Setelah resin mengering, bersihkan permukaan keramik dengan kain lembab.  Resin akan mengisi celah retakan dan membuat keramik terlihat lebih menyatu. 

Epoxy Putty 

Epoxy putty adalah kompon dua bahan yang dapat digunakan untuk menutup keretakan.  Pilihlah epoxy putty khusus keramik yang tersedia dalam berbagai warna.  Campurkan kedua bahan sesuai instruksi, kemudian aplikasikan pada retakan menggunakan spatula.  Ratakan permukaan dan biarkan mengering.  Epoxy putty efektif untuk menutup retakan kecil hingga sedang.  Namun, pastikan Sahabat RenovAsik memilih warna yang sesuai dengan keramik agar hasilnya lebih natural. 

Cat Keramik 

Bagi keretakan yang sangat halus atau hanya berupa hairline crack, cat keramik bisa menjadi solusi.  Gunakan cat keramik khusus yang tersedia dalam berbagai warna.  Sebelum diaplikasikan, bersihkan permukaan keramik dan beri sedikit masking tape pada area sekitar retakan untuk mencegah cat mengenai bagian lain.  Aplikasikan cat dengan hati-hati menggunakan kuas halus, pastikan mengisi retakan dengan sempurna.  Setelah kering, aplikasikan lapisan kedua untuk hasil yang lebih optimal. 

Teknik Dekoratif 

Bila keretakan keramik sudah terlanjur meluas dan sulit ditutupi dengan cara di atas, Sahabat RenovAsik bisa memanfaatkan teknik dekoratif.  Salah satunya adalah dengan teknik decoupage.  Gunakan potongan kain atau kertas bermotif menarik, lalu tempelkan pada permukaan keramik yang retak menggunakan lem khusus decoupage.  Setelah kering, aplikasikan lapisan pernis untuk melindungi permukaan.  Teknik ini efektif menutupi keretakan sekaligus mempercantik tampilan keramik. 

Groutscaping 

Groutscaping adalah teknik mengisi nat keramik dengan semen dekoratif berwarna.  Teknik ini tidak hanya berfungsi sebagai estetika, namun juga dapat menutupi keretakan halus pada keramik.  Pilih warna grout yang senada dengan keramik atau justru gunakan warna kontras untuk menciptakan aksen.  Bersihkan area nat dari kotoran, kemudian aplikasikan grout menggunakan aplikator khusus.  Setelah kering, bersihkan sisa grout pada permukaan keramik dengan spons basah. 

Cara-cara di atas efektif untuk mengatasi keretakan minor. Jika keretakan keramik sudah parah atau disertai dengan keramik yang pecah, disarankan untuk melakukan perbaikan dengan membongkar keramik. 

Untuk hasil yang optimal, Sahabat RenovAsik dapat berkonsultasi dengan tenaga profesional berpengalaman dalam perbaikan keramik. 

Ingin memiliki hunian yang nyaman dan bebas dari masalah keretakan keramik?  RenovAsik, perusahaan yang bergerak di bidang jasa bangun rumah dan renovasi, siap membantu Sahabat RenovAsik  mewujudkan impian tersebut.  Dengan tenaga profesional berpengalaman dan penggunaan material berkualitas, RenovAsik menjamin hasil akhir yang memuaskan.  Hubungi RenovAsik sekarang untuk mendapatkan konsultasi gratis! 


 

About

RenovAsik.com merupakan brand yang berdiri dibawah naungan dari PT Renovasi Indonesia Satu (RI 1) pada bulan mei 2018. Kami hadir dari permasalahan yang dialami oleh banyak masyarakat saat ingin melakukan renovasi rumah/bangunannya.